Wedha Abdul Rasyid Pencipta Aliran WPAP

WPAP merupakan singkatan dari Wedha’s Pop Art Portrait, yang merupakan salah satu seni ilustrasi bergaya kubisme. Teknik menggambar ilustrasi wajah WPAP ini dikenal juga dengan sebutan FMB (Foto Marak Berkotak). Tidak banyak yang mengetahui bahwa seni ilustrasi yang telah mendunia ini merupakan hasil kreatifitas dan daya pikir dari anak bangsa Indonesia.

Wedha Abdul Rasyid WPAP

Adalah Wedha Abdul Rasyid, seorang seniman grafis Indonesia yang lahir di Pekalongan, Jawa Tengah, 10 Maret 1951 dan berprofesi sebagai ilustrator sejak dekade 1970-an, yang kemudian menciptakan seni ilustrasi bergaya pop art dan dikenal sebagai aliran WPAP.

Di sebuah majalah tentang remaja dan musik yang saat itu cukup terkenal, Wedha menelurkan karya-karya ilustrasinya, terutama karya ilustrasi untuk naskah fiksi Arswendo Atmowiloto dan Hilman Hariwijaya (penulis Lupus). Di majalah tersebut, Wedha juga banyak menggarap potret para tokoh dunia yang menjadi target liputan majalah remaja tersebut.

Berawal dari penurunan daya penglihatannya akibat usia yang telah mencapai 40 tahun dan menyebabkannya sulit menggambar wajah dalam bentuk yang realistis dan detail, Wedha kemudian mencoba untuk menggambar ilustrasi menggunakan metode baru, yaitu gaya kubisme untuk gambarnya.

Teknik dan gaya kubisme yang diterapkannya tersebut kemudian tumbuh dan semakin populer sebagai bagian dari gaya pop art hingga saat ini. Teknik menggambar ilustrasi dengan gaya kubisme yang digunakannya tersebut kemudian dikenal dengan Wedha’s Pop Art Portrait (WPAP). Atas jasanya ini, Wedha pun akhirnya dijuluki sebagai Bapak Ilustrasi Indonesia.