kontak PT. Pernik Diva Nirwana

Tutorial Cara Membuat Sablon Kaos Distro Manual kali ini Anda akan mengetahui mengenai tahapan dan cara membuat sablon kaos distro, terutama yang menggunakan sistim manual.

Perlu diingat bahwa dalam membuat sablon kaos distro, kualitas bahan kaos sangat menentukan kualitas akhir dari sablon kaos itu sendiri. Misalnya saja, untuk bahan katun combed. Bahan ini memiliki gramasi yang beragam, mulai dari 20S, 24S, dan 30S, dimana semakin besar nilai gramasinya, maka semakin ringan dan tipis kaosnya.

Sementara itu, untuk teknik sablon kaos terdapat dua cara yang paling umum digunakan, yaitu Cara Sablon kaos Manual dan Cara Sablon kaos menggunakan transfer paper (cetak sablon digital).

Kedua teknik sablon ini tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk teknik sablon kaos manual memiliki kelebihan yaitu tidak mudah luntur, sedangkan kekurangannya adalah sulit mengaplikasikan warna gradasi atau raster.

Sementara itu, untuk teknik sablon kaos menggunakan media transfer paper (cetak sablon digital) memiliki kelebihan dari sisi hasil sablon full colour serta hasil cetak sablon setara kualitas foto.

Tutorial Cara Membuat Sablon Kaos Distro Manual

6 Tahapan Tutorial Cara Membuat Sablon Kaos Distro Manual

1. Desain Kaos
Tahapan pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan desain kaos untuk diimplementasikan pada kaos Anda nantinya. Untuk proses membuat sablon kaos distro manual, maka desain kaos harus dijadikan film atau klise film sablon terlebih dahulu. Apabila desain tersebut berwarna, maka harus juga dilakukan proses pecah warna atau separasi warna. Untuk proses separasi warna dapat dilakukan dengan menggunakan program Photoshop atau Coreldraw.

2. Tahap Pra-Afdruk

Tutorial Cara Membuat Sablon Kaos Distro Manual

Dalam tahap ini, proses yang dilakukan adalah membersihkan dan mempersiapkan screen sablon. Selain itu, persiapkan juga peralatan sablon lainnya seperti sabun colek, air, kain, dan spon.
Cuci screen sablon menggunakan air dan sabun. Setelah bersih, kemudian di-lap dengan spon dan selanjutnya jemur screen tersebut di bawah sinar matahari sampai kering.

3. Tahap Afdruk Screen Sablon
Setelah screen kering, kita mulai masuk pada tahap afdruk screen sablon. Tahap ini meliputi pemberian obat, pembakaran screen hingga pencucian obat dari screen.
Siapkan peralatan yang dibutuhkan, mulai dari screen, obat afdruk, kipas angin/blower dan alat perata screen. Campurkan obat afdruk (cairan merah dan putih), kemudian tuang ke dalam screen perlahan-lahan dan ratakan setipis-tipisnya.
Setelah itu, keringkan screen menggunakan kipas angin atau blower. Pada saat melakukan proses pelapisan screen ini tidak boleh terkena sinar matahari. Oleh karena itu, lakukan proses ini di dalam ruang tertutup.

4. Tahap Pembakaran Screen Sablon
Dalam tahap pembakaran screen sablon ini, peralatan yang harus dipersiapkan adalah kaca, desain kaos, screen, kain warna hitam, busa screen, dan papan.
Ambillah papan dan taruh busa diatas papan. Tambahkan kain warna hitam diatas busa tadi kemudian ambillah screen yang telah kita persiapkan sebelumnya. Kemudian, taruh screen diatas kain berwarna hitam.
Setelah semuanya siap, ambil desain kaos dan tempelkan di atas screen. Jangan lupa, agar kertas desain kaos kita dapat ditembus sinar, maka terlebih dahulu oleskan minyak ke kertas desain tersebut. Setelah itu, letakkan kaca diatas screen.
Proses selanjutnya adalah bawa screen yang telah tersusun dengan rapi tadi ke luar ruangan untuk disinari. Dengan menggunakan sinar matahari, anda hanya membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 5 detik.
Jangan sinari screen terlalu lama karena dapat menggagalkan proses pencetakan desain pada screen.
Setelah screen tersinari, maka screen tersebut harus kita cuci untuk membersihkan berkas-berkas obat. Dalam proses ini, kita juga membutuhkan alat semprot yang berguna untuk membersihkan obat yang masih tersisa di sela-sela gambar yang ada pada screen.

5. Tahap Penyablonan
Pada tahap kelima ini, peralatan yang dibutuhkan meliputi screen (yang telah tercetak desain kaos di dalamnya), minyak untuk tinta sablon, tinta sablon, meja berkaca, pengunci screen, rakel (alat pengesut), dan bahan kain.
Ambillah screen dan kunci screen pada meja berkaca yang telah kita siapkan. Letakkan bahan kaos diatas meja berkaca dan kemudian tuangkan tinta sablon yang telah dicampur minyak ke dalam screen secukupnya.
Setelah siap, kesutlah tinta menggunakan rakel untuk menyablon desain pada kaos.

6. Penghapusan Film pada Screen Sablon
Setelah proses penyablonan manual selesai, maka kita harus menghapus dan membersihkan film pada screen sablon agar screen tersebut dapat kita gunakan untuk desain yang lain.
Untuk menghapus film pada screen dibutuhkan obat pencuci film. Basahi screen menggunakan air, kemudian tuang obat pencuci screen pada screen. Gosok menggunakan kain spon. Setelah bersih, lalu bilas dan keringkan screen di bawah sinar matahari.

Nah, demikianlah Tutorial Cara Membuat Sablon Kaos Distro Manual. Mudah, bukan?!