kontak PT. Pernik Diva Nirwana

Stiker digital adalah stiker yang dicetak dengan menggunakan mesin-mesin cetak digital (printer). (Baca juga: Stiker – Arti, Bahan, dan Kegunaan)

Secara umum, dikenal 3 jenis stiker, yang dibedakan melalui cara pembuatannya, yaitu sticker sablon, sticker digital, dan sticker offset.

stiker digital

Ilustrasi gambar: kaskus.co.id

Dibandingkan dengan 2 jenis stiker lainnya, stiker digital memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah sebagai berikut.

Proses pembuatannya mudah
Untuk menghasilkan sticker digital, kita hanya perlu mendesain objek sesuai keinginan dan kemudian dapat langsung dicetak melalui printer.

Bisa satuan
Apabila jenis stiker yang lain harus diproduksi dalam jumlah besar. Maka, stiker digital dapat dicetak dalam jumlah satuan. Bahkan, dengan desain yang berbeda-beda.

Warna tidak terbatas
Kelebihan dari pembuatan stiker secara digital juga berlaku pada penggunaan warna. Apabila stiker sablon hanya menggunakan warn-warna solid dan stiker offset menggunakan warna separasi. Maka, stiker digital tidak terbatasi oleh penggunaan warna-warna tersebut. Bahkan, untuk foto pun, stiker jenis digital ini mampu membuatnya.

Lebih Kreatif
Karena sistemnya yang digital, maka kita dapat lebih kreatif dan mendesain stiker yang inginkan. Desain stiker sesuai keinginan, mulai dari bentuk, model atau desain hingga warna tanpa perlu kekhawatiran.
Meski memiliki banyak kelebihan. Namun, stiker digital juga memiliki kekurangan atau kelemahan dibanding stiker sablon dan stiker offset. Berikut ini adalah kelemahan atau kekurangan dari stiker jenis digital.

Harga lebih mahal
Seiring dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh stiker jenis digital, maka harga yang harus ditebus oleh konsumen juga menjadi lebih mahal dibandingkan dengan stiker jenis lainnya. Akan tetapi, biaya mahal yang kita keluarkan sebanding dengan kepuasan yang kita peroleh ketika melihat hasil stiker digital.

Kekuatan Rendah
Dibandingkan dengan stiker jenis sablon dan offset, maka kekuatan stiker jenis digital ini dapat dikatakan lebih rendah. Namun demikian, kekurangan tersebut masih dapat disiasati dengan penggunaan bahan dan tinta yang bagus dan kuat.

Mesin mahal
Sama seperti halnya harga yang lebih mahal. Mesin-mesin yang digunakan untuk menghasilkan stiker digital ini juga memiliki harga yang sangat mahal.
Hal ini tentu saja wajar, karena stiker yang dihasilkan dapat memenuhi keinginan kita hampir tanpa batas. Tidak seperti jenis stiker lainnya.
Saat ini, mahalnya mesin-mesin yang digunakan untuk menghasilkan stiker jenis digital sudah dapat disiasati dengan penggunaan mesin cetak yang lebih kecil dan bahan yang telah dimodifikasi.

Tertarik untuk membuat stiker digital, tapi bingung harus pesan kemana? Hubungi saja kami di 021-8647534.

PT. Pernik Diva Nirwana akan membantu Anda untuk membuat stiker digital sesuai keinginan Anda.