Stiker – Arti, Bahan, dan Kegunaan

Stiker dapat diartikan juga sebagai benda sejenis label. Dalam laman Wiktionary, stiker diartikan sebagai lembaran kecil kertas atau plastik yang ditempelkan. Pengertian yang sama juga terdapat dalam laman Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Benda berperekat ini sudah sangat dikenal oleh semua orang, karena sejak kecil, Anda pun pasti telah sering menggunakannya. Beragam tampilan dalam aneka warna akan dapat kita temukan pada benda yang dapat menempel pada berbagai media ini.

Pada umumnya, stiker dibuat dari bahan vinyl atau kertas dan terdiri dari dua lapisan, yaitu lapisan atas sebagai media untuk gambar dan lapisan bawah sebagai pelindung bahan perekatnya.

Untuk dapat mempergunakan benda berperekat ini, maka lapisan bawah harus kita kupas terlebih dahulu, baru kemudian kita dapat menempelkan bagian atasnya ke media yang kita inginkan.

stiker

Secara visual, bahan stiker juga dibedakan menjadi dua, yaitu tranparan dan opaque (tidak transparan).

Stiker transparan digunakan dengan tujuan agar stiker tidak menutupi seluruh permukaan media yang digunakan. Jadi, yang terlihat hanyalah teks atau image yang telah tercetak pada lembar stiker saja.

Dalam pembuatannya, terdapat beberapa cara yang lazim digunakan, mulai dari sablon, cetak offset hingga cetak digital. Masing-masing metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, tergantung pada kebutuhan penggunaannya.

Pembuatan gambar tempel atau benda berperekat dengan sistim cetak sablon pada umumnya akan mencetak dengan warna-warna solid. Sedangkan cetak offset dapat mencetak stiker full colour atau separasi dalam jumlah yang banyak. Sementara itu, cetak digital digunakan saat kita menginginkan stiker dengan berbagai desain dan dalam jumlah yang terbatas.

Stiker hadir dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna. Benda ini tidak hanya digunakan untuk hal-hal kecil. Namun, dalam beberapa situasi, juga dapat digunakan untuk dekorasi, yang saat ini sedang trend dengan sebutan cutting sticker.

Nah, tertarik ingin membuat stiker untuk kebutuhan pribadi atau perusahaan? Jangan bingung, hubungi PT. Pernik Diva Nirwana melalui link ini, dan kami akan membantu mewujudkan keinginan Anda untuk memiliki stiker.