kontak PT. Pernik Diva Nirwana

Seni Instalasi menurut Wikipedia adalah seni yang memasang, menyatukan, dan mengkonstruksi sejumlah benda yang dianggap dapat merujuk pada suatu konteks kesadaran makna tertentu. Biasanya makna dalam persoalan-persoalan sosial-politik dan hal lain yang bersifat kontemporer diangkat dalam konsep seni instalasi ini.

seni instalasi atau installation art karya Marcel Duchamp dengan judul Fountaine tahun 1917.

Seni instalasi atau installation art karya Marcel Duchamp dengan judul Fountaine tahun 1917. (Image: wikipedia)

Sementara itu, seni instalasi dalam konteks visual merupakan perupaan yang menyajikan visual tiga dimensional yang memperhitungkan elemen-elemen ruang, waktu, suara, dan pooja.

Dapat dikatakan pula bahwa karya seni ini tampil secara bebas tidak menghiraukan pengelompokan cabang- cabang seni rupa ( seni lukis, seni patung, seni grafis, dan lain-lain).

 

Ciri Khas Seni Instalasi:

Secara Visual:

Secara fisik seni instalasi memiliki ciri khas yang dibentuk dari gabungan berbagai media yang dirangkai menjadi satu kesatuan yang padu, sehingga akan membentuk kesatuan baru yang memiliki makna tertentu.

Secara Makna:

Makna yang terkandung dari seni ini merupakan hal-hal yang bersifat kontemporer dan juga mengandung kritik, sindiran atau keprihatinan atas peristiwa yang terjadi saat ini.

Meski akan menemukan banyak beragam jawaban mengenai siapa pencipta atau setidaknya, yang pertama kali membuat seni instalasi ini. Dapat kita simpulkan dari berbagai sumber diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menurut Wikipedia

Menurut Wikipedia (Ensiklopedia Bebas) disebutkan bahwa Marcel Duchamp dengan karyanya yang berjudul Fountain pada tahun 1917, merupakan hasil seni instalasi pertama yang ada.

Memiliki nama lengkap Henri Robert Marcel Duchamp, seniman ini lahir di Perancis pada 28 Juli 1887 dan meninggal pada 2 Oktober 1968). Duchamp dikenal sebagai seorang pelukis, pematung, pemain catur, dan penulis, dimana karya-karyanya dikaitkan dengan kubisme, seni konseptual, dan Dada.

Duchamp bersama dengan dua orang seniman lainnya, yaitu Pablo Picasso dan Henri Matisse, dianggap sebagai seniman yang membantu untuk menentukan perkembangan revolusioner dalam seni plastik pada awal dekade 20.

2. Menurut Muhamad Syarif

Sedangkan menurut Muhamad Syarif, seperti yang tertulis di dalam http://eprints.undip.ac.id/1277/2/Muhamad_Syarif_H.pdf tentang Yogyakarta Contemporary Art Gallery_104 pada sub bab 1.3.3. Seni Instalasi pd halaman 7 tertulis bahwa pd th 1960-an sudah terdapat medium seni rupa instalasi. Jadi, peristiwa ini semakin memperkuat bukti bahwa sebelumnya telah muncul seni ini.

Nah, itulah pengertian, sejarah, dan ciri khas dari seni instalasi yang mulai ramai diperbincangkan. Untuk dapat menyaksikan pameran seni ini, sudah banyak pula pihak yang menggelar pamerannya di berbagai kota. Salah satu pihak yang menggelar seni ini adalah PT. Dyakarra yang menjadi pelaksana dari JFC International Exhibition 2015 lalu. Pengin lihat bagaimana seni yang terkenal juga dengan sebutan installation art ini ada dalam gelaran JFC International Exhition 2015. Klik Disini.

jfc exhibition