kontak PT. Pernik Diva Nirwana

 

Ragam topi kali ini akan menyambung artikel dari “Jenis-Jenis Topi – Nama, Model dan Kegunaannya” yang kini telah menginjak artikel keempat.

Pada artikel ragam topi kali ini, sesuai yang PT. Pernik Diva Nirwana janjikan dalam artikel sebelumnya, kita akan membahas mengenai jenis topi, nama, dan kegunaan dari topi Do-Rag, Dutch Cap, Fez, dan Forage Cap. Berikut ini adalah ulasan dari topi-topi tersebut.

 

13. Do-Rag

topi do-rag

Topi atau penutup kepala Do-Rag (juga dieja sebagai Doo-Rag, Dew-Rag, Du-Rag, atau Durag) adalah sepotong kain yang digunakan untuk menutupi bagian atas kepala seseorang. Do-Rag terbuat dari bahan nilon. Menurut Kamus Inggris Oxford dan Kamus Merriam-Webster, istilah tersebut berasal dari “Do dalam kata Hairdo”.

Sejarah dari Do-Rag diyakini bermula pada periode perbudakan di Amerika Serikat, dimana saat itu, wanita Afrika Amerika mengenakan syal yang kemudian menjadi Do-Rag sejak tahun 1930-an hingga 1960-an. Do-rag kembali populer di kalangan pemuda perkotaan pada tahun 1990-an dan 2000-an.

 

14. Dutch Cap (Topi Belanda)

dutch cap topi belanda

Dutch Cap adalah sebuah topi tradisional negara Belanda yang dikenakan oleh para wanita terkait dengan berbagai kostum tradisional wanita Belanda. Dutch Cap pada umumnya terbuat dari katun putih atau renda dan kadang-kadang ditandai dengan flaps segitiga atau sayap dikedua sisinya, sehingga topi ini terlihat seperti menyerupai topi perawat.

 

15. Fez

topi fez ragam topi

Fez (Dalam bahasa Turki disebut Fes atau Fezzes (jamak), yang dalam bahasa Arab setara dengan Tarboosh) adalah sebuah topi yang berbentuk kerucut terpotong atau silinder pendek dan terbuat dari kain kilim, serta dilengkapi rumbai yang melekat diatasnya. Topi Fez diyakini terinspirasi dari zaman Ottoman.

Sejarah mencatat bahwa pada tahun 1826, Sultan Mahmud II dari Kekaisaran Ottoman ditekan Janissari dan mulai melakukan gerakan reformasi militer besar-besaran. Modernisasi militer yang dilakukannya mengadopsi seragam gaya barat dan sebagai topinya adalah topi Fez.

Di tahun 1829, Sultan juga memerintahkan agar seluruh pejabat sipil mengenakan fez polos serta melarang penggunaan turban. Tujuannya tentu jelas, yaitu untuk memaksa rakyat agar beralih menggunakan topi fez dan rencana itu pun berhasil.

 

16. Forage Cap

forage cap

Forage Cap dapat dikatakan juga sebagai topi militer. Namun, topi ini berbeda bentuk dengan topi kombinasi atau Packaged Cap. Bentuk dari Forage Cap juga bervariasi tergantung pada negara atau periode yang mempengaruhinya.

 

Nah, itulah ragam topi yang menjadi rangkaian dari artikel tentang jenis topi, nama, model, dan kegunaannya. Masih banyak ragam topi lainnya yang akan PT. Pernik Diva Nirwana ulas untuk Anda.

So, nantikan artikel kami berikutnya yang akan mengulas ragam topi, yang mungkin belum Anda tahu.