kontak PT. Pernik Diva Nirwana

Peralatan desain grafis dari masa ke masa seringkali mengalami perubahan ataupun penambahan. Yang paling terlihat dalam perkembangan peralatan desain tersebut tentu saja adalah ditemukannya teknologi komputer.

Dengan adanya teknologi komputer, bidang ilmu desain grafis mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan, banyak orang yang merasa terbantu dalam urusan desain ketika menggunakan bantuan komputer.

Secara keilmuan, desain grafis dapat dikatakan sebagai seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis juga diketahui memiliki banyak cakupan keilmuan lain, seperti tata letak, tipografi, seni visual, dan desain interaksi.

Pada awalnya, desain grafis diterapkan hanya untuk media-media statis, semacam buku, majalah, dan brosur. Namun, seiring perkembangan zaman, akhirnya desain grafis diterapkan pula ke dalam media elektronik atau yang lebih dikenal sebagai desain interaktif atau desain multimedia.

Sebagai sebuah cabang keilmuan, desain juga memiliki unsur-unsur yang kemudian membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual.

Unsur-unsur dalam Desain:
1. Shape
2. Bentuk
3. Tekstur
4. Garis
5. Ruang
6. Warna

Prinsip-Prinsip dalam Desain:
1. Keseimbangan (Balance)
2. Ritme (Rhythm)
3. Tekanan (Emphasis)
4. Proporsi (“Proportion”)
5. Kesatuan (Unity)

Sebagian besar orang awam berpendapat bahwa keindahan desain tergantung pada peralatan yang digunakan. Meski sebagian anggapan tersebut ada benarnya, namun hasil dari sebuah desain tidak mutlak bergantung pada peralatan desain grafis yang digunakan.

 

Peralatan Desain Grafis

1. Pikiran (Ide)
Pikiran atau ide, sesungguhnya adalah peralatan utama bagi seorang desainer grafis. Karena, dari pikiran inilah muncul ide-ide desain atau rancangan dari desain yang akan dibuat.

Meski terdapat 1000 warna dan kain kanvas atau media desain lainnya, namun tanpa pikiran atau ide, semua peralatan tadi hanya tetap akan menjadi sebuah peralatan dan tidak menghasilkan sebuah karya seni apapun.

2. Teknologi (Komputer)
Peralatan desain grafis yang kedua adalah teknologi komputer. Di zaman modern seperti sekarang ini, teknologi komputer memiliki peran yang cukup besar dalam dunia desain grafis.

Kreatifitas yang muncul dari ide-ide brilian para desainer dapat diwujudkan dengan baik menggunakan teknologi komputer, dimana hasilnya dapat terlihat langsung pada saat itu juga pada layar monitor tanpa menggunakan tinta atau pena.

Kehadiran teknologi dalam dunia desain grafis juga sangat membantu para desainer, karena dengan menggunakan komputer, pekerjaan yang sebelumnya sangat berat dan harus dikerjakan dengan susah payah, kini dapat mereka kerjakan dengan waktu yang relatif lebih cepat serta tidak memberatkan.

3. Software
Peralatan desain grafis yang ketiga adalah Software. Hadirnya komputer sebagai salah satu peralatan desain grafis juga dibarengi dengan terciptanya software-software desain grafis, seperti software desktop publishing, webdesign, audiovisual, dan rendering 3 dimensi.

Dalam bidang desktop publishing, software yang paling banyak digunakan adalah Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Indesign, Coreldraw, dan lain-lain.

Dalam bidang webdesign, kita akan sering mendengar penggunaan software Adobe Dreamweaver, Microsoft Frontpage, dan Adobe Photoshop.

Untuk bidang Audiovisual, beberapa software yang digunakan adalah Adobe After Effect, Adobe Premier, Final Cut, Adobe Flash, Ulead Video Studio, Camtasia, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk rendering 3 Dimensi, beberapa software yang terkenal adalah 3D StudioMax, Cinema 4d, Maya, AutoCad, Google SketchUp, Light Wave, dan Blender.