Mesin-Mesin Pendukung di Percetakan

Mesin-Mesin Pendukung di Percetakan – Setelah sebelumnya kita membahas mengenai jenis percetakan yang menguraikan tentang Mesin Cetak Offset, Mesin Cetak Ploter, dan Mesin Cetak Digital. Kini, kita akan membahas mengenai mesin-mesin pendukung yang biasa dipergunakan di industri percetakan.

1. Mesin UV (Vernis)

Mesin UV (Vernis) berfungsi untuk mengkilapkan hasil cetak. Mesin UV memanfaatkan cairan kimia untuk mengkilapkan hasil cetakan. Harga proses vernis per cm-nya menggunakan mesin ini pada umumnya lebih murah dibandingkan dengan menggunakan mesin laminating glossy.

 

2. Mesin Laminating

mesin-mesin pendukung di percetakan

Seperti halnya mesin UV (Vernis), mesin laminating juga memiliki fungsi sebagai pemanis sekaligus pelindung cetakan setelah proses cetak. Mesin laminating memanfaatkan plastik tipis yang mengandung perekat. Bahan yang paling umum digunakan adalah jenis plastik doft dan glossy.

Untuk penggunaan bahan plastik doft pada barang cetak, akan membuat warna cetak tertahan di dalam dan memberikan kesan ekslusif karena kelembutan dan kehalusan hasil laminatingnya.

Sedangkan untuk penggunaan bahan plastik glossy sangat berbeda, karena memiliki sifat yang bertolak belakang dengan plastik doft.

 

3. Mesin Pond

Mesin pond memiliki fungsi untuk membuat bentuk dari barang cetakan menjadi seperti yang diinginkan. Contoh hasil mesin pond adalah kotak dus nasi. Tentunya Anda mengetahui bahwa kotak dus nasi terbentuk dari lekukan-lekukan atau tanda lipatan, yang setelah dilipat akan membentuk kotak dus nasi. Lekukan atau lipatan yang terlihat saat dus nasi belum dibentuk itulah yang dihasilkan oleh mesin pond. Untuk membentuk lipatan yang diinginkan, mesin pond membutuhkan pisau pond.

 

4. Mesin Hotprint

Mesin hotprint biasa disebut juga dengan nama mesin poly. Mesin ini berfungsi untuk cetak khusus yang dikenal dengan sebutan foil. Hasil dari mesin hotprint ini dapat Anda lihat pada huruf-huruf mengkilap seperti emas atau perak yang biasanya terdapat pada kertas undangan. Teknik mesin hotprint ini juga lazim dipergunakan pada cover agenda, kop surat, map dan lain-lain.

 

Demikianlah informasi mengenai Mesin-Mesin Pendukung di Percetakan, semoga menjadi penambah pengetahuan bagi Anda yang tertarik dengan dunia grafika atau dunia percetakan.