kontak PT. Pernik Diva Nirwana

Merencanakan Seminar atau Pelatihan tidaklah semudah yang dibayangkan. Ada banyak hal yang harus diketahui dan diperhitungkan oleh panitia pelaksana seminar atau pelatihan. Namun, sebelum membahas lebih jauh mengenai seminar, baiknya kita ketahui terlebih dahulu pengertian dari seminar itu sendiri.

merencanakan seminar atau pelatihan

Ada beberapa pengertian seminar yang dapat dipergunakan, yaitu Seminar pada umumnya merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional. Kata seminar berasal dari kata Latin seminarum, yang berarti “tanah tempat menanam benih”.

Sebuah seminar biasanya memiliki fokus pada suatu topik yang khusus, di mana mereka yang hadir dapat berpartisipasi secara aktif. Seminar seringkali dilaksanakan melalui sebuah dialog dengan seorang moderator seminar, atau melalui sebuah presentasi hasil penelitian dalam bentuk yang lebih formal. Biasanya, para peserta bukanlah seorang pemula dalam topik yang didiskusikan (di universitas, kelas-kelas seminar biasanya disediakan untuk mahasiswa yang telah mencapai tingkatan atas). Sistem seminar memiliki gagasan untuk lebih mendekatkan mahasiswa kepada topik yang dibicarakan. Di beberapa seminar dilakukan juga pertanyaan dan debat. Seminar memiliki sifat lebih informal dibandingkan sistem kuliah di kelas dalam sebuah pengajaran akademis.

Sedangkan pengertian seminar yang lain adalah sebuah pertemuan khusus yang memiliki teknis dan akademis yang tujuannya untuk melakukan studi menyeluruh tentang suatu topik tertentu dengan pemecahan suatu permasalahan yang memerlukan interaksi di antara para peserta seminar yang dibantu oleh seorang guru besar ataupun cendikiawan.

Seminar pada umumnya merupakan suatu bentuk instruksi akademis, baik di lembaga akademis atau ditawarkan oleh sebuah organisasi komersial atau profesional.

Seminar berfungsi untuk menyatukan kelompok-kelompok kecil untuk melakukan pertemuan yang berulang, dan berkali-kali dengan fokus pada beberapa mata pelajaran / topik tertentu, di mana setiap orang yang hadir diminta untuk secara aktif berpartisipasi. Hal ini sering dicapai melalui dialog Sokrates yang sedang berlangsung dengan pemimpin seminar atau instruktur, atau melalui presentasi yang lebih formal dalam penelitian.

Selain pengertian, jenis seminar juga ada beberapa macam diantaranya adalah Seminar dalam Bisnis, dimana seminar jenis ini digunakan untuk menggambarkan sebuah acara komersial (biasanya yang hadir bebas dari kalangan manapun) dimana delegasi atau peserta diberikan informasi dan instruksi di dalam ssuatu subjek dalam berbagai topik, yang didukung oleh para ahli di bidangnya.

Jenis seminar yang lain adalah Presentasi seminar. Presentasi seminat juga dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan teknis seseorang. Presentasi juga dapat di-upload di internet untuk referensi lebih lanjut agra lebih banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

 

Merencanakan Seminar

Nah, dalam merencanakan seminar atau pelatihan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Segmen Peserta
Tentukan kriteria peserta yang akan mengikuti seminar. Hal ini untuk memudahkan dalam menyesuaikan materi seminar agar sesuai dengan kebutuhan peserta itu sendiri.

Penentuan kriteria peserta juga akan memudahkan panitia dalam mengarahkan tujuan seminar, apakah seminar tersebut dirancang untuk pengenalan, awareness, atau spesifik pada bidang pekerjaan tertentu. Jika poin pertama ini dapat ditentukan dengan benar, maka proses merencanakan seminar atau pelatihan dapat dilanjutkan ke poin berikutnya.

2. Materi Seminar
Rancang sebuah materi seminar yang terstruktur. Biasanya materi seminar diawali dari strategi dan filosofi agar peserta memahami latar belakang permasalahan.

3. Pembicara
Jika kriteria peserta telah ditentukan dan tujuan atau jenis seminar telah pula ditetapkan, maka memilih dan menentukan pembicara dalam seminar akan dapat dengan mudah diputuskan. Carilah pembicara yang ahli dalam bidangnya, sehingga seminar dapat bermanfaat dan memberikan kesan yang baik,

4. Metodologi
Untuk metodologi dalam seminar ini dapat berupa ceramah, diskusi interaktif, studi kasus, role play dan lain sebagainya.

5. Tempat
Ada beberapa tempat yang dapat dipilih, misalnya hotel, di tempat klien (in house training), atau tempat-tempat lain yang dianggap sesuai dengan tujuan serta layak sebagai tempat pelaksanaan seminar.

6. Peralatan
Yang terakhir, namun tetap merupakan hal penting adalah peralatan seminar. Peralatan disini meliputi, namun tidak terbatas kepada microphone, proyektor, laptop, meja, kursi, dan lain-lain.

Merencanakan Seminar atau Pelatihan membutuhkan perencanaan dan persiapan yang matang. Agar seminar yang Anda rencanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar, sebaiknya Anda menyerahkan pelaksanaan seminar tersebut kepada Event Organizer (EO) yang telah berpengalaman.

Jika Anda membutuhkan Jasa Event Organizer (EO) untuk melaksanakan seminar atau pelatihan, baik organisasi atau perusahaan Anda, maka PT. Pernik Diva Nirwana sebagai EO yang berpengalaman akan dapat membantu Anda melaksanakan dan mensukseskan seminar atau pelatihan yang Anda adakan.

Hubungi EO PT. Pernik Diva Nirwana sekarang juga.