kontak PT. Pernik Diva Nirwana

Perkembangan mesin digital printing saat ini sangat pesat dan persaingan usaha di dalamnya pun sangat ketat. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika ingin masuk ke dalam bisnis digital printing ini. Karena, semua rezeki manusia di bumi ini sudah diatur oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Kita sebagai manusia hanya diwajibkan untuk selalu berusaha, sementara hasil akhirnya adalah mutlak kehendak Yang Kuasa.

Secara umum, digital printing dikenal juga sebagai sebuah metode pencetakan yang diolah terlebih dahulu menggunakan komputer dan selanjutnya dicetak menggunakan mesin cetak/printing.

Nah, sebelum Anda terjun ke dalam bisnis digital printing ini, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu tentang jenis mesin digital printing atau percetakan digital.

1. Mesin Digital Printing Indoor
Mesin jenis indoor ini merupakan sebuah mesin cetak yang dapat melayani kebutuhan barang cetak yang nantinya akan ditempatkan di dalam ruangan, seperti stiker, wallcovering, x banner dan banner, serta spanduk untuk di dalam ruangan.
Mesin digital printing indoor ini memiliki kemampuan mencetak barang cetakan dengan lebar antara 24, 42 hingga 60 inch.

2. Mesin Digital Printing Outdoor
Mesin percetakan digital outdoor pada umumnya digunakan untuk kebutuhan advertising di luar ruangan atau cetakan dengan ukuran yang besar, diantaranya baliho dan spanduk, yang tahan akan air dan panas. Karakter dari mesin digital printing jenis ini adalah large printer dengan lebar 2 hingga 3 meter.

3. Mesin Digital Printing Semi Indoor Outdoor
Mesin percetakan digital ini tergolong flexsibel karena bisa melayani kebutuhan cetakan, baik untuk kebutuhan cetakan indoor maupun kebutuhan cetakan outdoor. Mesin ini mencetak indoor dan outdoor karena menggunakan base tinta eco solvent, dimana karakter tinta ini tidak berbau jika digunakan dalam ruangan. Sedangkan untuk diluar ruangan, tentunya tinta ini aman dan ramah lingkungan.

4. Mesin Digital Printing Photographic
Sesuai namanya, mesin percetakan digital ini khusus digunakan untuk menangani cetakan yang berhubungan dengan fotografi. Hal ini dikarenakan fotografi sangat mengutamakan kualitas dan presisi gambar dengan warna yang sulit didapatkan jika menggunakan mesin printing jenis lainnya. Untuk mencetak gambar menggunakan mesin ini digunakan media dye dan pigment.

5. Mesin Digital Printing Textile
Mesin percetakan digital tekstil ini merupakan hasil pengembangan teknologi percetakan. Meskipun pada dasarnya, mesin jenis ini juga bukan teknologi yang baru. Apalagi jika kita berbicara mengenai teknologi percetakan digital di luar Indonesia. Maka, teknologi digital printing textile telah menjadi teknologi yang lumrah dan biasa digunakan.
Mesin jenis ini temasuk mesin yang aman dan ramah lingkungan. Selain itu, hasil yang dihasilkan bersifat ringan yang dapat memberi kemungkinan pengiriman bisa dilakukan dalam jumlah yang banyak.

6. Mesin Digital UV Printer
Mesin cetak jenis UV Printer ini digunakan khusus untuk menghasilkan cetakan di media yang kasar dan kaku. Seperti besi, seng, acrilyc, triplek, kaca, keramik, plastik, dan lain-lain. Satu lagi kondisi khusus yang harus dipenuhi ketika menggunakan mesin digital printing jenis UV Printer adalah media yang digunakan harus flat (rata).

Nah, kini Anda telah mengetahui dan memahami jenis mesin digital printing serta penggunaannya. Semoga informasi Mengenal Jenis Mesin Digital Printing dapat membantu Anda dalam memutuskan pilihan terbaik saat terjun ke dalam bisnis percetakan digital.