kontak PT. Pernik Diva Nirwana

Jenis-Jenis Kalender di dunia dapat dibedakan menjadi 3, yaitu Kalender Solar, Kalender Lunar, dan Kalender Luni-Solar. Lalu, apa saja pengertian dari ketiga jenis kalender tersebut? Mari simak penjelasan berikut.

jenis-jenis kalender

1. Kalender Solar
Kalender solar atau dikenal juga dengan istilah kalender surya, kalender syamsiah atau kalender matahari merupakan sistem penanggalan yang didasarkan pada revolusi bumi mengelilingi matahari. Dalam pengertian secara fisika, satu tahun surya berarti unit relatif waktu sebuah planet mengitari matahari, dimana satu tahun biasa terbagi atas bulan dan hari.

Contoh Kalender yang menggunakan sistem Kalender Solar adalah Kalender Gregorian, Kalender Iran, Kalender Baha’i, Kalender Julian, Kalender Koptik, dan Kalender Solar Thai (Suriyakhati).
2. Kalender Lunar
Kalender Lunar dikenal juga dengan sebutan Kalender Candra, Kalender Bulan atau Kalender Qamariyah. Kalender Lunar menggunakan sistem penanggalan yang didasarkan pada perhitungan fase bulan, dimana setiap hari di dalam penanggalan sistem kalender lunar ini menandakan satu lokasi bulan dalam berevolusi terhadap bumi.

Contoh kalender yang menggunakan sistem kalender lunar adalah kalender Hijriyah dan kalender Jawa.

Sebagian besar kalender lunar adalah kalender yang bukan murni mendasarkan perhitungan tanggalnya pada fase bulan saja, namun juga memperhitungkan pergantian musim yang dipengaruhi oleh peredaran bumi terhadap matahari.
3. Kalender LuniSolar
Disebut juga dengan nama Kalender Suryacandra, Kalender Lunisolar dapat dikatakan sebagai sebuah kalender yang menggunakan fase bulan sebagai acuan utama, akan tetapi juga menambahkan pergantian musim dalam perhitungan tiap tahunnya. Kalender Lunisolar pada umumnya ditandai dengan munculnya bulan-bulan kabisat beberapa tahun sekali ataupun berturut-turut. Sehingga, jumlah bulan dalam satu tahun berdasarkan penanggalan sistem kalender lunisolar
dapat mencapai 12 hingga 13 bulan.

Contoh Kalender yang menggunakan sistem Kalender Lunisolar, diantaranya adalah Kalender Tibet, Kalender Bali, Kalender Imlek, Kalender Jepang, dan Kalender Korea.