kontak PT. Pernik Diva Nirwana

Jenis Kaos dan Ukuran Kaos seringkali membuat pusing para pemesan kaos. Hal ini dikarenakan ragam penyebutan teknis untuk jenis dan ukuran kaos yang kurang dipahami oleh orang awam atau orang yang tidak berkecimpung di dalam industri kaos, seperti sablon kaos, cetak kaos, dan jahit kaos.

Secara teknis, cukup banyak detail yang harus diperhatikan ketika melakukan pengukuran pola kaos. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena secara umum telah ada dua patokan yang dapat digunakan untuk mengetahui ukuran kaos dengan model standar Round Neck atau V-Neck, yaitu dengan memanfaatkan lebar kaos dan panjang kaos.

Sementara itu, untuk standar ukuran kaos seperti S, M, L, XL, atau XXL, untuk tiap merk, brand, atau bahkan untuk masing-masing negara itu bisa berbeda-beda. Misalnya saja, Ukuran S untuk orang Perancis atau orang Timur Tengah, biasanya akan berbeda jika dipergunakan oleh orang Asia.

Perhatikan gambar berikut ini untuk mengetahui ukuran kaos dengan memanfaatkan lebar kaos dan panjang kaos.

ukuran kaos

(A) LEBAR BADAN = 1/2 lingkar badan, atau diukur pada posisi 2,5 cm di bawah lingkar lengan, secara horisontal dari kiri ke kanan.

(B) PANJANG BADAN = diukur secara vertikal, dari titik bahu teratas sampai ke ujung tepi bawah kaos
Berikut adalah standar ukuran kaos oblong yang biasa digunakan untuk anak dan dewasa.

ukuran kaos dewasa

Ukuran kaos untuk Dewasa

ukuran kaos anak

Ukuran Kaos Anak

Berikut adalah standar ukuran kaos oblong dengan model lengkung press badan untuk wanita dewasa.

Ukuran Kaos Wanita

Ukuran Kaos untuk Wanita

 

Jenis Kaos

Jenis Kaos yang banyak dikenal dan dipakai oleh orang untuk sablon kaos adalah jenis Cotton Combed. Jenis bahan kaos ini pun masih terbagi ke dalam beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut.

Jenis Cotton Combed 20s dan 24s
Jenis Cotton Combed 20s dan 24s kainnya sedikit lebih tebal dari jenis cotton combed 30s. Jenis ini termasuk ke dalam jenis kain yang lembut mudah menyerap keringat dan nyaman di pakai.

Jenis Cotton Combed 30s

Dari penjelasan sebelumnya, tentunya Anda sudah mengetahui bahwa kaos dengan bahan jenis kaos cotton combed 30s kainnya sedikit lebih tipis dibandingkan dengan cotton combed 24s. Jenis Cotton Combed 30s ini merupakan jenis kaos dengan tekstur kain yang begitu lembut dan tidak kaku, sehingga lebih nyaman di pakai sehari-hari. Saat ini kebanyakan toko baju distro mengunakan bahan kaos untuk produk yang mereka jual mengunakan Cotton combed 30s dengan berbagai macan variasi warna.

Jenis Raglan 24s
Jenis Raglan 24s merupakan bahan kaos yang dikombinasikan dengan berbagai variasi warna cocok untuk kawula muda yang modis dan divariasikan dengan design distro. Jenis kaos berbahan Raglan 24s memiliki bahan kain yang lembut dan tebal serta baik untuk digunakan sehari-hari.