kontak PT. Pernik Diva Nirwana

Jenis-Jenis Topi sangat beragam di dunia ini. Beragam nama mengiringi bentuk, model serta kegunaan topi itu sendiri. Sejak zaman dahulu kala, seperti halnya manusia, topi juga berevolusi mengikuti perkembangan zaman dan fashion. Kini, topi tidak hanya menjadi penutup kepala saja, tetapi juga menjadi aksesoris pakaian yang dapat membuat penampilan penggunanya semakin keren.

Lalu, apa sebenarnya definisi topi itu sendiri?

Menurut pengertian atau definisi yang tercantum di dalam situs ensiklopedia bebas, Wikipedia, disebutkan bahwa Topi adalah suatu jenis penutup kepala. Penggunaan Topi dimaksudkan untuk beberapa alasan. Umumnya digunakan sebagai aksesoris pakaian. Dalam beberapa upacara seremonial dan keagamaan penggunaan topi dapat menjadi keharusan. Di dunia militer topi dapat menyatakan tingkat dan kepangkatan seorang pasukan.

Bentuk umum sebuah topi:
Memiliki penutup kepala bagian atas.
Memiliki bagian tepi. Tepi topi dapat berjumlah satu atau lebih.

Setelah mengetahui definisi dari topi, kini saatnya kita mengenal Jenis-Jenis Topi – Nama, Model dan Kegunaannya.

1. Topi Ascot

jenis-jenis topi - topi ascot

Topi Ascot dikenal juga dengan sebutan topi cuffley atau topi Lippincott. Topi Ascot mirip dengan topi datar, namun memiliki perbedaan dari kekerasan dan bentuknya yang bulat.
Topi Ascot pada umumnya terbuat dari felt atau wol dan dikenakan pada musim gugur atau musim dingin. Sedangkan topi Ascot yang terbuat dari jerami dipergunakan pada cuaca yang lebih hangat.
Topi Ascot biasanya dikenakan oleh seorang pria, meski saat ini banyak juga wanita yang menggunakan topi Ascot untuk bergaya.
2. Topi Ayam

002-topi Ayam

Topi Ayam adalah topi musim dingin tradisional Korea. Topi ini kebanyakan dikenakan oleh perempuan pada periode Joseon (1392-1910). Topi ayam disebut juga Aegeom, yang secara harfiah berarti “Menutupi Dahi” dalam bahasa Korea.
3. Topi Balmoral

topi balmoral

Topi Balmoral yang sebelumnya disebut kap kilmarnock adalah topi tradisional Skotlandia yang dapat dipakai sebagai bagian dari pakai formal atau informal.
Bentuk awalnya dilengkapi dengan mahkota tebal. Namun kini, dimana telah terdapat mesin kecil, mahkota tersebut dibuat dari kain halus dengan warna cenderung biru tua, hitam, atau lovat hijau. Di bagian belakang dilekatkan sebuah pita. Penggunaan Topi Balmoral sendiri pada umumnya dikenakan dengan posisi miring ke kanan dengan tujuan untuk menampilkan lambang atau lencana yang dilekatkan di sisi kiri topi.

4. Topi Bisbol (Baseball Cap)

topi baseball

Topi bisbol adalah jenis topi yang lembut dengan mahkota bulat dan dilengkapi brim (peneduh wajah) di bagian depan. Topi bisbol memiliki penyelaras ukuran kepala di bagian belakangnya dan biasanya di bagian depan dihiasi dengan desain gambar atau tulisan. Topi ini banyak digunakan, baik oleh pria maupun wanita.

Masih banyak jenis-jenis topi lainnya yang bisa Anda ketahui dalam artikel berikutnya.