Jenis-Jenis Topi – Nama, Model dan Kegunaannya #2

Jenis topi yang telah kita bahas sebelumnya adalah topi Ascot, topi Ayam khas Korea, Topi Balmoral khas Skotlandia, dan topi Bisbol (Baseball Cap). Ternyata, di dunia ini masih banyak ragam dan jenis topi yang mungkin tidak banyak diketahui oleh orang-orang, dan mungkin termasuk Anda.

Setelah kita mengetahui 4 jenis topi pada artikel sebelumnya, kini PT. Pernik Diva Nirwana akan sajikan beberapa ragam topi lainnya, yaitu sebagai berikut.

5. Topi Beanie (Seamed Cap)

jenis topi beanie

Topi Beanie unik yang warna-warni dengan hiasan kincir angin diatasnya.

Di bagian Kanada dan Amerika Serikat, topi Beanie mengacu pada topi yang tidak bertepi kepala (dengan atau tanpa visor). Topi Beanie dibuat dari bagian segitiga kain yang dijahit dan bergabung dengan sebuah asesoris mirip tombol di mahkota. Selain itu, disekitar sisi-sisinya juga terjahit rapi. Topi Beanie pada umumnya dibuat dari kulit atau sutra panel.

Di negara-negara berbahasa Inggris lainnya dan bagian dari Amerika Serikat serta Kanada, sebuah “beanie” adalah topi rajutan (seringkali terbuat dari wol), yang dikenal di bagian Amerika Serikat sebagai “Cap Stocking” atau “Beanie”. Sedangkan di Kanada topi jenis ini dikenal sebagai “Tuque”.

 

6. Topi Baret

 

topi baret

Topi baret lebih dikenal sebagai jenis topi yang banyak digunakan oleh unit militer dan polisi di seluruh dunia, serta oleh organisasi lain. Produksi massal topi baret dimulai pada abad ke-19 di Perancis dan Spanyol.

 

7. Topi Bireta

topi bireta

Topi Bireta adalah sebuah topi persegi dengan tiga atau empat puncak/tanduk), dimana jumlah puncak/tanduk ini biasanya menunjukkan siapa pemakainya. Misalnya, topi Bireta dengan tiga puncak pada umumnya dikenakan oleh pendeta Katolik Roma dan beberapa pendeta Anglikan dan Lutheran. Sedangkan empat Bireta memuncak dikenakan sebagai bagian dari pakaian akademik oleh mereka yang memegang gelar Doktor dari fakultas ke-Paus-an. Ada juga topi Bireta yang digunakan oleh para advokat dalam pengadilan di Kepulauan Channel.

 

8. Topi Caubeen

008-Caubeen

Topi Caubeen adalah sebuah baret dari Irlandia yang sebelumnya dikenakan oleh para petani. Model Caubeen kemudian diadopsi dan dikenakan oleh Kepala tentara Irlandia yang membawahi Resimen Commonwealth.

Masih banyak jenis topi lainnya yang akan PT. Pernik Diva Nirwana bahas pada kesempatan lain. Tetap kunjungi web ini untuk mendapatkan info lanjutan mengenai jenis topi dan juga info percetakan lainnya.