kontak PT. Pernik Diva Nirwana

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis kertas yang dibahas pada Jenis-Jenis Kertas (Seri 1), seperti Kertas HVS, Art Paper, Art Carton, Ivory, dan Dupleks. Kini, Anda akan mengenal lebih banyak lagi jenis-jenis kertas yang lain, seperti Samson Kraft, BC, Yellow Board, Fancy Paper, dan Corugoated.

1. Samson Kraft
Kertas Samson Kraft merupakan kertas yang berasal dari proses daur ulang. Kertas ini memiliki warna coklat dan biasa digunakan untuk membuat paperbag atau sebagai pembungkus.
Gramatur dari kertas Samson Kraft yang sering dipakai adalah 70 gr dan 80 gr.
2. BC
Kertas BC adalah jenis kertas yang memiliki tekstur halus namun tidak coated. Kertas ini tersedia dalam berbagai warna dan biasa digunakan untuk mencetak kartu nama, sertifikat dan lain-lainnya.
Gramatur dari kertas BC dimulai dari 160 gr, 220 gr, 250 gr.
3. Yellow Board
Kertas Yellow Board ini cukup tebal dan biasanya digunakan untuk kerangka dalam suatu undangan dengan konsep hard cover. Kertas Yellow Board tidak bisa dipergunakan untuk cetak offset dan biasanya dilapisi dengan art paper atau dupleks.
Kertas Yellow Board dibedakan berdasarkan ketebalannya, disebut YB 30 dan YB 40.
4. Fancy Paper
Kertas jenis Fancy Paper memiliki berbagai macam warna dan karakteristik. Jenis kertas ini pada umumnya dipergunakan untuk membuat undangan. Sebutan untuk ragam jenis-jenis kertas Fancy Paper adalah jasmine, millennium, java emboss, hawaii dan lain-lain.
Gramatur dari Fancy Paper dimulai dari 80 gr, 100 gr, 220 gr, dan 300 gr.
5. Corrugated Paper

jenis-jenis kertas

Kertas Corrugated Paper merupakan jenis kertas yang bergelombang dan biasa dimanfaatkan untuk packaging, seperti dus mie instant, dus komputer, dan lain-lain. Seperti halnya kertas jenis Yellow Board, kertas Corrugated Paper biasanya juga ditempel dengan kertas lain atau disablon.