kontak PT. Pernik Diva Nirwana

Gandhi Cap hingga International Cap merupakan bagian dari seri artikel berjudul Jenis-Jenis Topi – Nama, Model dan Kegunaannya. Seri artikel ini membahas mengenai berbagai jenis topi dari seluruh dunia, baik dari sisi nama, sejarah hingga kegunaannya.

Kali ini, PT. Pernik Diva Nirwana akan membahas tentang Gandhi Cap, Garrison Cap, Glengarry, dan International Cap.

17. Gandhi Cap (Topi Gandhi)

gandhi cap

Gandhi Cap, disebut demikian karena topi ini dipopulerkan penggunaannya oleh Mahatma Gandhi (pemimpin India) selama gerakan kemerdekaan India. Topi ini terbuat dari Khadi dan dikenakan secara umum oleh para aktivis kemerdekaan India. Topi ini juga menjadi simbol bagi politisi dan aktivis politik.

Penggunaan Gandhi cap atau topi Gandhi bersama dengan pakaian tradisional India seakan ingin menyampaikan pesan kebanggaan budaya serta sebagai bentuk perlawanan terhadap barang-barang yang diproduksi di Eropa. Selain itu juga menjadi simbol kemandirian dan solidaritas masyarakat pedesaan India. Pada tahun 1921, pemerintah kolonial Inggris sempat berusaha untuk melarang penggunaan gandhi cap.

18. Garrison Cap

Luftwaffen_Schiffchen

Garrison cap adalah sebuah topi militer yang terlipat dengan sisi lurus dengan mahkota berkerut atau berongga miring ke belakang dibagian mana hal tersebut terlihat terpisah. Di Amerika, Garrison cap dikenal juga sebagai topi garnisun atau topi penerbangan. Sementara itu, di Kanada, topi ini dikenal dengan sebutan topi baji. Sedangkan di negara Inggris dan Persemakmuran-nya, topi ini secara resmi digunakan oleh para pekerja di bagian layanan lapangan. Topi ini mengikuti gaya yang berasal dari topi Austria yang terkenal pada tahun 1890. Ragam dan Jenis topi ini juga dikenal sebagai ‘Torin’, sebuah topi yang memiliki garis atas lebih melengkung apabila dilihat dari samping. Perbedaan antara topi Austria dan topi Torin terletak pada adanya bagian flip-down yang berfungsi untuk pemanasan telinga dan bagian belakang kepala disaat cuaca buruk.

19. Glengarry Cap

Glengarry_1812

Glengarry Cap atau Topi Glengarry adalah topi tradisional Skotlandia yang terbuat dari bahan wol yang digiling serta dihiasi dengan toorie diatasnya. Seringkali topi ini juga dihiasi dengan sebuah simpul pita roset di sisi kirinya dan dengan tambahan aksesoris pita yang menggantung di bagian belakang. Topi ini biasanya dikenakan sebagai bagian dari seragam militer atau gaun sipil di dataran tinggi Skotlandia.

20. International Cap

School-sport-cap-1930

Pemberian nama atau istilah International Cap sebenarnya bukan merujuk kepada pemberian nama pada sebuah topi, melainkan lebih kepada penggunaan topi tersebut pada event-event international.
Ilustrasi awal penggunaan topi digambarkan pada sebuah pertandingan sepak bola international antara Skotlandia melawan Inggris di tahun 1872. Saat itu, pemain Skotlandi mengenakan Cowls, sedangkan pemain Inggris mengenakan berbagai topi sekolah.

 

Masih penasaran dengan ragam dan jenis topi lainnya. Masih banyak yang akan PT. Pernik Diva Nirwana bahas. Jadi, tunggu artikel tentang topi selanjutnya.