kontak PT. Pernik Diva Nirwana

Desain Grafis telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Mulai dari hal kecil seperti pembungkus permen karet atau gantungan kunci hingga hal besar seperti backdrop banner atau papan reklame.

Secara umum, desain grafis digolongkan sebagai bagian seni komunikasi visual yang meliputi tulisan, ruang, dan gambar serta mencakup tipografi, tata letak, seni visual, dan desain interaksi.

Sedangkan Media Promosi diartikan sebagai sarana yang dimanfaatkan untuk mengkomunikasikan suatu produk/jasa/image/perusahaan ataupun yang lain agar dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas. Dimana dengan promosi ini diharapkan seseorang bisa mengetahui, mengakui, memiliki, dan mengikatkan diri pada suatu barang/jasa/produk/image/perusahaan yang menjadi sasarannya. Jadi, desain grafis dalam media promosi akan menjadi hal penting yang harus Anda ketahui agar tujuan promosi Anda dapat tercapai.

Media promosi dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu Above The Line dan Below The Line.

Media promosi Above The Line biasa dilakukan melalui media massa yang meliputi televisi, radio, majalah, dan koran.

Sedangkan media promosi Below The Line biasa dilakukan secara langsung kepada sasaran, misalnya pamflet, poster, brosur, dan company profile.

Ada empat aturan yang perlu anda pertimbangan sebelum merencanakan pembuatan sebuah media promosi yang baik, yaitu: tujuan, target, media, dan pesaing.

  1. Tujuan

Sebelum memutuskan jenis media promosi yang akan Anda gunakan, terlebih dahulu Anda harus menentukan tujuan utama dari kegiatan promosi yang akan Anda lakukan. Apakah promosi tersebut bertujuan untuk menginformasikan, menjual, atau memperbaiki citra bisnis Anda?

Dengan mengetahui tujuan utama dari promosi yang Anda lakukan, maka pembuatan desain grafis dalam media promosi tersebut akan semakin terarah dan tepat sasaran.

 

  1. Target

Siapa target promosi Anda? Dan apa yang anda coba kumpulkan dari respon target Anda? Apakah target Anda adalah pria, wanita, ayah, ibu, anak-anak, remaja, atau orang dewasa, dan lain-lain. Dengan mengetahui target promosi, maka Anda juga dapat menentukan model desain grafis dalam media promosi yang akan Anda buat. Untuk anak-anak, anda dapat membuat desain yang colourfull, dan untuk orang dewasa, Anda dapat menciptakan desain yang stylish dan elegant.

 

  1. Media

Setelah menentukan tujuan dan target, kini saatnya Anda menentukan menjatuhkan pilihan pada jenis media yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Banyak ragam pilihan, mulai dari TV, Radio, cetakan, atau internet. Saat ini, pengguna internet jumlahnya sangat banyak dan terus bertambah. Apabila Anda menentukan promosi melalui media internet, maka perhatikan mulai dari resolusi gambar hingga gadget yang digunakan calon konsumen, sebelum Anda merencanakan desain grafis dalam media promosi Anda.

 

  1. Pesaing

Perhatikan apa yang dilakukan oleh pesaing Anda. Media apakah yang mereka gunakan? Apakah pesaing Anda berhasil? Dapatkah Anda memperbaiki pendekatan yang mereka terapkan pada konsumen dan mengalahkan mereka dalam persaingan?

Anda tidak perlu menjiplak desain grafis dalam media promosi yang digunakan oleh pesaing Anda. Tetapi, amati dan kemudian lakukan analisa terhadap media tersebut. Pelajari kekurangannya dan maksimalkan kelebihan media pesaing Anda, ketika merencanakan desain grafis dalam media promosi Anda sendiri.

 

Setelah mengantongi 4 aturan diatas, kini saatnya Anda mengembangkannya untuk perencanaan desain grafis dalam media promosi yang akan Anda gunakan.

 

Lalu, bagaimana membuat sebuah media promosi yang baik?

Media promosi yang baik, umumnya akan memunculkan empat tanggapan berikut.

  1. Perhatian

Media promosi Anda harus mampu menarik perhatian calon konsumen serta terlihat menonjol diantara membanjirnya media promosi lain yang ikut bersaing. Untuk itu, dibutuhkan desain grafis dalam media promosi yang mampu menarik perhatian.

  1. Minat

Menarik perhatian saja tidaklah cukup. Media promosi yang Anda buat harus dapat membangkitkan minat calon konsumen dan memberikan dampak yang cukup dalam di setiap pesan atau penawaran. Penataan gambar, foto, dan teks dalam sebuah media promosi menjadi hal penting yang dapat menyampaikan pesan kepada calon konsumen. Oleh karena itu, penataan elemen-elemen pada desain grafis dalam media promosi harus mampu memancing minat calon pelanggan.

  1. Keinginan

Setelah terbangkitkan minatnya, maka efek selanjutnya adalah terciptanya keinginan untuk mempelajari atau memiliki.

  1. Aksi

Hal terpenting dari tanggapan calon konsumen terhadap sebuah media promosi yang baik adalah aksi atau tindakan yang mengarah kepada pencapaian tujuan dari promosi itu sendiri, yaitu mengkonversi calon konsumen potensial untuk membeli atau menggunakan atau jasa Anda.

Disinilah perlunya perencanaan desain grafis dalam media promosi, agar setiap promosi yang dijalankan dapat mencapai hasil maksimal dan sesuai dengan target yang ditentukan.

Desain Grafis dalam media promosi

Lalu, bagaimana membuat media promosi yang baik, terutama untuk media cetak?

Nah, kembali dapat kita jawab bahwa disinilah pentingnya peran desain grafis dalam media promosi, karena membuat media promosi yang baik tentu membutuhkan kreativitas dan pengetahuan desain grafis yang baik pula. Mungkin Anda masih merasa belum memahami bagaimana menerapkan semua hal di atas dalam sebuah media promosi. Namun, hal itu jangan membuat Anda putus asa.

Anda dapat menggunakan jasa desain grafis dari PT Pernik Diva Nirwana yang telah berpengalaman dalam mendesain beragam media promosi yang baik dan banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan terkemuka, mulai dari logo design, company profil, flyer, leaflet, brosur, paper bag, seminar kits, banner, T-Shirt, mug/thumbler, tas, dan gantungan kunci hingga plakat/trophy.

PT Pernik Diva Nirwana telah berdiri sejak tahun 1997, yang diawali dari sebuah workshop yang menawarkan dan melayani jasa desain grafis dan percetakan.

Melalui anak perusahaannya yang bernama Dyakarra Communication, kini PT Pernik Diva Nirwana dapat melayani jasa desain grafis, percetakan, desain web maupun multimedia dan event organizer. Mulai dari menyediakan jasa konsultasi desain grafis, draft desain hingga visualisasi dalam bentuk barang cetak.

Bahkan, PT Pernik Diva Nirwana saat ini juga telah mendapatkan kepercayaan untuk menangani event berskala internasional, yaitu Jember Fashion Carnaval, sebuah even karnaval busana yang setiap tahun digelar di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Nah, tunggu apalagi? Percayakan desain grafis dalam media promosi perusahaan Anda pada PT Pernik Diva Nirwana. Hubungi kami sekarang juga disini.

Logo Jember Fashion Carnaval