kontak PT. Pernik Diva Nirwana

Cara Sablon Mug Gelas┬áPT. Pernik Diva Nirwana – Anda pasti pernah menerima souvenir berbentuk mug gelas dengan tulisan atau bahkan gambar foto, bukan?

Apakah Anda terkagum-kagum dan berpikir bagaimana sebuah gambar atau tulisan bisa menempel pada gelas tersebut?

cara sablon mug gelas

Hasil sablon mug gelas. (Dok. PT. Pernik Diva Nirwana)

Nah, kami akan membongkar rahasia tersebut kepada Anda. Simak cara sablon mug gelas berikut ini.

Cara Sablon Mug Gelas

1. Bahan Kertas
Bahan kertas yang dipergunakan untuk print gambar atau tulisan adalah kertas HVS Coated. Mengapa menggunakan kertas jenis ini? Tidak lain dan tidak bukan adalah agar hasil yang didapat nanti maksimal.

Tips: Permukaan kertas yang diprint adalah yang mengkilat atau yang lengket jika jari kita dibasahi sedikit air.

 

2. Gambar Posisi Mirror
Sebelum mencetak gambar pada kertas HVS Coated, pastikan bahwa gambar yang akan diprint sudah di mirror image terlebih dahulu.

Area cetak untuk sablon mug maksimal adalah 22×8 cm, atau dapat disesuaikan dengan diameter mug yang digunakan.

Keringkan gambar yang sudah diprint sekitar 5-10 menit untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Tips: Pastikan tinta print telah mengering, karena tinta yang belum kering menyebabkan hasil sablon mug gelas kurang terang (cenderung pucat), gambar yang sudah diprint dapat diletakkan di atas monitor untuk mempercepat proses pengeringan tinta.

 

3. Tempelkan gambar pada mug
Setelah tinta kering dan siap digunakan, maka tempelkan gambar yang diinginkan tersebut ke mug gelas tepat ditengah (center). Bila perlu, lapisi gambar dengan kertas HVS yang bersih hingga mengelilingi mug gelas, agar tidak ada bekas kotoran mesin press pada hasil sablon mug gelas nantinya.

Perhatian: Pastikan bahwa lapisan coating pada mug dan tinta sablon pada kertas sudah kering dan gambar sudah di mirror imageter lebih dahulu.

 

4. Proses Heat Press
Setelah semuanya siap, kini saatnya untuk proses Heat Press. Masukkan mug ke dalam mesin heat press yang bersuhu 1800 derajat celcius dengan lama pengepresan sablon mug gelas berkisar antara 20 hingga 30 detik.

Tips: Setelah proses heat press selesai, jangan terburu-buru untuk mengambil sablon mug gelas. Diamkan di dalam mesin sekitar 2 hingga 3 menit sampai dingin, baru kemudian mug gelas diangkat dan dikeluarkan dari mesin heat press.

Apabila Anda memaksa untuk mengangkatnya dari mesin heat press ketika masih panas, maka gambar hasil sablon mug gelas dikhawatirkan akan berbayang (blur).

 

5. Hasil Sablon Mug Gelas
Setelah dikeluarkan dari mesin heat press, lepaskanlah kertas HVS pelapis mug. Dan setelah benar-benar dingin, lepaskan kertas sablon mug gelas yang masih menempel pada mug gelas.

Selamat! Anda kini telah memiliki mug gelas dengan gambar atau tulisan yang Anda inginkan.

Demikianlah cara sablon mug gelas.