Cara Membuat Mug untuk Kebutuhan Bisnis

Cara Membuat Mug untuk Kebutuhan Bisnis. Media promosi saat ini tidak terbatas pada spanduk, brosur, pamflet, atau kaos saja. Tetapi, juga telah lama menggunakan berbagai barang yang berhubungan dengan aktifitas kita dalam kehidupan seperti peralatan rumah tangga untuk makan dan minum. Salah satunya adalah penggunaan mug dalam kebutuhan promosi bisnis.

Anda pasti sering melihat atau bahkan menerima souvenir sebuah mug cantik bergambar logo perusahaan. Mug tersebut pada umumnya berbentuk normal, meski ada pula yang dibentuk secara kreatif sesuai dengan bidang usahanya, seperti gambar di bawah ini.

cara membuat mug

Mug Kreatif berbentuk stik PS.

Bagaimana, kreatif, bukan?

Kali ini, PT. Pernik Diva Nirwana akan mengajak Anda untuk mengetahui cara membuat mug kreatif seperti yang ada pada gambar diatas.

Yang pertama kali harus Anda persiapkan adalah bahan dan alat sebagai berikut.
Bahan dan alat :
a. Bahan baku untuk membuat barang keramik (tanah liat)
b. Glasir
c. Cetakan gipsum yang sudah dibentuk mug
d. Penggiling glasir
e. Rak pengering, meja untuk kerja
f. Timba untuk mencelup glasir
g. Pisau dan amplas
h. Oven atau tungku

Setelah bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan telah dipersiapkan semuanya, kemudian Anda dapat mulai membuat mug kreatif dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara membuat :

  1. Siapkan bahan baku tanah liat siap pakai yang sudah dihaluskan dan diberi air hingga encer. Lalu tuangkan ke dalam cetakan gipsum yang berfungsi menyerap air, sehingga bahan-bahan dasar keramik dengan sendirinya akan membentuk lapisan yang semakin lama akan semakin tebal.
  2. Setelah dituang, diamkan selama kurang lebih satu jam agar semua lapisan terbentuk sempurna dan tidak rapuh.
    Setelah mengering, buka cetakan gipsum tersebut lalu angkatlah bahan-bahan yang tadi dituangkan. Bahan-bahan tersebut telah menjadi sebuah mug namun masih dalam bentuk mentah.
  3. Buang bagian-bagian permukaan yang berlebihan dari mug keramik mentah tersebut dengan memakai pisau. Setelah itu permukaan mug dapat dihaluskan dengan memakai amplas.
  4. Permukaan mug dapat dibuat motif dengan teknik cukil sehingga motif pada permukaan mug tampak timbul.
    Siapkan cairan glasir yang berfungsi sebagai lapisan luar dari keramik sehingga nantinya permukaan akan mengkilap. Lapisi seluruh permukaan mug dengan glasir menggunakan kuas. Pada motif bisa diberikan warna glasir berbeda.
  5. Lalu siapkan tungku atau oven untuk mengeringkan bekas cairan glasir sehingga nanti mug sudah mengkilap dan siap digunakan. Apabila tidak mempunyai tungku atau oven, dapat menggunakan panas dari matahari untuk mengeringkannya. Diamkan mug di bawah panas matahari selama kurang lebih 3 jam. Setelah 3 jam, lalu mug dibuat terbalik dan diamkan kembali selama 3 jam. Mug sudah selesai diproduksi dan siap digunakan atau Anda pasarkan.

 

Anda ingin memiliki mug kreatif tanpa mau repot? Mudah saja… cukup hubungi PT. Pernik Diva Nirwana di nomor telepon¬†021-864 7534 atau 0813-8233-3637, maka keinginan atau kebutuhan Anda akan terpenuhi.