kontak PT. Pernik Diva Nirwana

Kartu nama merupakan bagian penting dari bisnis. Karena melalui kartu nama inilah, Anda dapat diingat dan dihubungi oleh pelanggan ataupun calon pelanggan. Namun, apabila desain kartu nama Anda tidak cukup baik atau tidak terlihat profesional, maka peluang kesuksesan bisnis Anda dapat berkurang.

Pastikan kartu nama Anda dapat “berbicara” dengan menghindari 9¬†hal berikut ini.

1. Desain Kartu Nama Asal-Asalan
Desain kartu nama memegang peranan penting dalam hal ini. Jangan korbankan diri dan perusahaan Anda dengan memberikan kartu nama yang tidak profesional dan mengakibatkan kartu nama Anda berujung pada tempat sampah.

Saat ini, banyak tools online yang dapat membantu Anda untuk merancang kartu bisnis Anda dengan mudah, salah satunya adalah Avery.com.

2. Kartu Nama yang Terlalu Misterius
Ketika seseorang melihat kartu bisnis Anda, dapatkah kartu tersebut memberitahu mereka dengan cepat mengenai apa bidang bisnis Anda? Jika tidak, Anda sudah kehilangan banyak kesempatan untuk mendapatkan panggilan bisnis.

3. Tidak Memberikan Selling Proposition yang Unik
Banyak peluang emas yang akan terlewatkan ketika sebuah kartu nama tidak bekerja maksimal sebagai sebuah alat pemasaran.

Kartu nama Anda harus menyatakan setidaknya satu alasan kuat agar pelanggan “harus” melakukan bisnis dengan Anda. Contohnya, adalah sebuah perusahaan percetakan. Di dalam kartu namanya haruslah terbaca “Layanan Percetakan Terlengkap”.

4. Menggunakan Ukuran Kartu yang Terlalu Besar
Besar memang selalu terlihat. Namun, untuk desain kartu nama telah tersedia ukuran standar dan ketika Anda memutuskan untuk membuat kartu nama dengan ukuran yang lebih besar, maka hal ini akan menjadi blunder bagi Anda. Karena, desain kartu nama yang berukuran lebih besar dari yang lainnya, tidak akan masuk ke dalam dompet sehingga bisa jadi, kartu nama Anda akan berakhir di tempat sampah.

5. Menggunakan Huruf yang Terlalu Kecil
Apakah kartu bisnis Anda menggunakan huruf yang terlalu kecil dan membuat orang lain harus membacanya menggunakan kaca pembesar? Jika iya, maka Anda harus segera merubah kartu nama tersebut.

Ukuran huruf yang baik untuk kartu nama adalah tidak lebih kecil dari 7-8 point. Untuk nama, Anda dapat menggunakan ukuran huruf yang sedikit lebih besar, misalnya 9 point dan untuk nama perusahaan, biasanya akan terlihat lebih bagus jika Anda menggunakan ukuran huruf antara 12-15 point.

6. Kartu Nama yang Rumit dan Penuh
Desain kartu nama yang rumit, penuh, dan mencantumkan terlalu banyak tulisan atau gambar, justru akan membuat kartu nama Anda terlihat tidak profesional.

Desain yang sederhana adalah desain yang terbaik. Namun, tetap utamakan hal-hal penting seperti nama Anda, nama perusahaan, dan alamat serta nomor telepon tetap ada di dalam kartu nama.

7. Penggunaan Warna yang Salah
Sesuatu yang warna-warni terkadang terlihat indah. Namun, jangan sampai warna-warni tersebut malah membuat informasi penting yang ada di dalam kartu nama tidak tersampaikan.

Gunakan warna gelap untuk background dan warna terang untuk tulisan di dalam kartu nama Anda, sehingga orang lain dapat dengan cepat mengetahui siapa dan apa bidang bisnis Anda.

8. Tidak mencantumkan alamat email dan website dalam Kartu Nama
Zaman sekarang, sudah umum setiap perusahaan memiliki website sekaligus alamat email. Jika kedua hal ini tidak tercantum di dalam kartu bisnis Anda, maka bersiaplah untuk kehilangan kesempatan besar mendapatkan peluang bisnis dari berbagai penjuru dunia.

9. Kartu Nama yang tidak Terdistribusi
Apa gunanya memiliki sekotak penuh kartu nama, jika kartu nama itu hanya berada di dalam laci meja kerja Anda.

Selalu bawa kartu nama Anda di dalam dompet atau saku ketika Anda bepergian, sehingga dapat memberikan kartu bisnis tersebut kepada klien atau calon klien yang Anda temui.