kontak PT. Pernik Diva Nirwana

Hampir setiap perusahaan, biasanya secara rutin akan mengadakan beberapa event dalam setiap tahunnya. Dalam hal ini, merencanakan event company merupakan tugas yang tidak mudah. Apalagi, bagi Anda yang tidak terbiasa menangani atau menyelenggarakan event company.

merencanakan event company

Lalu, bagaimana jika Anda yang terpilih untuk menangani event company? Apa saja yang harus Anda lakukan untuk mengelola dan mengorganisir event company tersebut agar dapat berjalan dengan sukses?

Nah, di bawah ini terdapat 5 cara merencanakan event company, yang harus Anda ketahui sebelum mulai mengelola sebuah event company.

1. Ketahui Anggaran untuk Merencanakan Event Company
Anggaran… Anggaran… dan Anggaran.
Anggaran merupakan hal mutlak dan utama yang harus Anda ketahui sebelum merencanakan event company. Tanyakan kepada atasan Anda mengenai alokasi anggaran yang diberikan perusahaan untuk mengadakan event company dalam satu tahun.

Selain itu, dengan mengetahui anggaran yang Anda miliki, Anda dapat lebih leluasa untuk menentukan tempat, katering, pembicara, sound, dekorasi, hiburan, dan atau pemberian penghargaan.

2. Merencanakan Event Company dengan Mencari Sponsor
Selain mengandalkan anggaran dari dalam perusahaan, merencanakan event company juga seringkali dilakukan dengan mencari sponsor. Biasanya, perusahaan-perusahaan baru atau perusahaan yang sedang mempromosikan produk atau jasa yang baru akan bersedia menjadi bagian dari sponsor acara Anda.

Pencarian sponsor untuk merencanakan event company juga merupakan proses yang tidak mudah. Anda dapat menggunakan koneksi Anda di dalam suatu perusahaan untuk memperlancar diterimanya proposal Anda.

3. Menentukan Lokasi untuk Event Company

mencari lokasi event company

Menentukan lokasi untuk event company juga menjadi salah satu hal yang biasanya cukup merepotkan. Hal ini dikarenakan banyaknya keinginan dari setiap tim yang mengusulkan lokasi terbaik untuk event company nantinya.
Meski banyak keinginan yang harus diakomodir, Anda sebagai penanggung jawab event company harus tetap mempertimbangkan detil-detil lain seperti sesuai tidaknya lokasi tersebut dengan anggaran yang Anda miliki, jumlah tamu undangan, konsep acara yang akan digunakan, dan lain-lain.
Lakukan hunting dan riset lokasi, jauh-jauh hari sebelum event company dilakukan. Lakukan juga negoisasi dengan pihak pemilik tempat, baik harga maupun fasilitas yang disediakan.

4. Mencari Tamu Pembicara untuk Event Company
Sama seperti menentukan lokasi, mencari tamu pembicara juga harus dilakukan jauh sebelum event company diselenggarakan. Hal ini untuk mengantisipasi tamu pembicara pilihan kita telah memiliki jadwal lain.
Apabila memungkinkan, carilah tamu pembicara yang tempat tinggalnya berdekatan dengan lokasi event company Anda. Hal ini dapat menghemat biaya transportasi dan juga biaya penginapan.

5. Menghemat Biaya Catering Event Company
Di setiap acara, baik itu wedding atau event company, masalah catering atau makanan biasanya mengambil porsi biaya yang cukup besar.
Nah, untuk menghemat biaya makan, Anda dapat menerapkan prinsip prasmanan. Mengganti jenis minuman jus atau soda menjadi air mineral atau sejenisnya, juga akan mengurangi biaya event company Anda.
Semoga artikel “5 Cara Merencanakan Event Company” diatas dapat bermanfaat bagi Anda yang saat ini sedang merencanakan event company. Apabila Anda membutuhkan Manajemen Event untuk menangani event company, Anda dapat menghubungi PT. Pernik Diva Nirwana yang berpengalaman menangani Event Company, Outbound Training, Wedding Planner, Brand Activation, Launching Product, Meeting, dan Family Gathering hingga Awarding.