kontak PT. Pernik Diva Nirwana

Desain banner tidak hanya terdapat pada bidang percetakan saja. Tetapi, juga terdapat di bidang online. Secara umum, cara-cara yang digunakan untuk meningkatkan efektifitas dari sebuah banner iklan, baik banner untuk percetakan (offline) atau banner untuk website (online) adalah sama.

Di bidang online, melakukan optimalisasi desain banner iklan sangat penting jika Anda ingin meningkatkan tingkat klik pada Banner Anda.

Sebagian besar pengiklan tidak tahu bagaimana mengoptimalkan dan meningkatkan iklan banner mereka dan karena itu gagal untuk mencapai tujuan kampanye mereka. Namun, Anda dapat dengan mudah maju dalam permainan dengan mengikuti 4 cara untuk memperbaiki desain iklan banner Anda.
1. Meningkatkan Desain Banner Iklan dengan Tujuan yang Ditentukan

desain banner iklan

Gambar: Brand awareness example WWF (Moat.com)

Percaya atau tidak, desain banner iklan Anda akan meningkat cepat jika Anda telah menetapkan tujuannya.
Pikirkan tentang tujuan iklan banner Anda: tujuannya untuk menghasilkan lalu lintas ke situs Anda, untuk meningkatkan konversi Anda, membangun kesadaran merek, atau kesemuanya?

Sebagai contoh, iklan banner WWF di atas yang menunjukkan kampanye kesadaran, dengan tujuan untuk membuat orang menyadari kampanye dan pesan mereka. Foto yang digunakan dalam iklan banner ini cukup unik dan sangat eye-catching. Iklan banner ini telah jelas dibangun dengan tujuan untuk membangun kesadaran tentang kekejaman terhadap hewan dan berhasil melakukan dengan efektif. Hal ini terlihat jelas dari kurangnya teks dan tombol untuk klik, yang menunjukkan bahwa WWF tidak secara khusus bertujuan untuk menghasilkan lalu lintas situs atau konversi.

Di sisi lain, coba perhatikan desain iklan banner yang ada di bawah ini.

Contoh desain banner "Call to Action" (Gambar: Example for Conversions, WWF (Moat.com))

Contoh desain banner “Call to Action” (Gambar: Example for Conversions, WWF (Moat.com))

Desain banner diatas juga diluncurkan oleh WWF namun memiliki tujuan yang sama sekali berbeda. Lihat saja tombol merah yang sangat eye-catching di sebelah kanan banner. Jelas bahwa fokus dari desain iklan banner adalah konversi. Hal ini juga sangat jelas bahwa tujuan WWF adalah untuk mengarahkan orang agar datang ke situs untuk membuat sumbangan rutin, sesuai yang tertulis dalam teks.

 

2. Memperbaiki Desain dengan Menyederhanakan Iklan Banner Anda

Anda dapat dengan mudah memperbaiki desain iklan banner Anda dengan membuatnya lebih sederhana, yaitu tata letak clean yang lebih ramah pada mata.

desain banner iklan price chopper

Gambar: Price Chopper (Moat.com)

Coba perhatikan Banner di atas. Banner tersebut adalah contoh yang baik dari kesalahan umum yang banyak dibuat oleh desainer, yaitu terlalu banyak informasi pada satu banner.

Seperti yang Anda lihat, dengan menjejalkan terlalu banyak informasi dalam sebuah area kecil itu akan menghasilkan desain yang terlalu ramai, mengganggu serta membuat pesan inti menjadi tidak tersampaikan kepada audiense, sehingga harapan kita agar audiense meng-klik banner iklan tidak akan tercapai.

Para desainer dapat dengan mudah memperbaiki desain iklan banner ini dengan membatasi jumlah teks dan dengan menggunakan spasi. Dengan hanya menampilkan beberapa elemen pada banner, pesan yang terdapat dalam desain iklan banner ini akan jauh lebih jelas dan harapan agar audiense mengklik iklan banner akan memiliki peluang yang lebih besar.

Coba perhatikan iklan banner Gillette di bawah ini.

desain banner iklan yang baik

Gambar: Iklan Gillette (Moat.com)

Desain banner iklan Gillette terlihat sangat sederhana. Terlihat banyak ruang kosong dan fokus pada “AJAKAN” untuk bertindak dengan warna merah yang kuat dan kontras dengan warna latar belakangnya. Lokasi dan warna tombol dikombinasikan sedemikian rupa sehingga membuatnya tidak mungkin untuk dilewatkan.

Dibandingkan dengan desain banner sebelumnya yang terlihat sangat ramai, desain banner Gillette jauh lebih mudah untuk dilihat. Jelas bahwa jika Anda ingin menjangkau pelanggan baru secara efektif, maka desain yang sederhana akan lebih unggul.